Simposium Nasional Dalam Rangka Pelantikan Pengurus Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako Periode 2018 – 2022

Simposium Nasional “Degenerative Cases in General Practice” dalam rangka Pelantikan Pengurus Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako Periode 2018-2022, dilaksanakan pada hari Sabtu (10/03/2018), di Gedung IT Center Universitas Tadulako.

Pengurus Ikatan Alumni yang dilantik juga merupakan Pengurus Ikatan Alumni FK Untad yang pertama kalinya. Pelantikan pengurus Ikatan Alumni FK Untad dilantik oleh Presidium Ikatan Alumni Universitas Tadulako yang dalam hal ini di wakili oleh Dr. Muh. Nur Sangadji, DEA.

       

Setelah Proses Pelantikan Pengurus Ikatan Alumni FK Untad selesai dilaksanakan, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan Simposium Nasional “Degenerative Cases in General Practice”. Simposium Nasional tersebut dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Kedokteran Untad, Dr. dr. M. Sabir, M.Si

Pada kesempatan tersebut juga, Dekan Fakultas Kedokteran Untad. Dr. dr. M. Sabir, M.Si menyampaikan bahwa “ Alumni-alumni Fakultas Kedokteran Untad diharapkan nantinya memiliki potensi Skill maupun Attitude, disamping itu juga tidak bisa kita lupakan yaitu kompetensi bagaimana bisa memahami orang lain dalam hal ini kompetensi Psiko Sosial. Berdasarkan hal-hal tersebut lah nantinya diharapkan alumni-alumni yang ada mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.” Jelasnya.

       

Adapun Pengurus Ikatan Alumni FK Untad periode 2018-2022 yang dilantik diantaranya sebagai Ketua yaitu dr. Syamsul Fahri, Sekretaris yaitu dr. Nilawati, Bendahara yaitu dr. Marsya Gita Adelia, serta beberapa Departemen dan Anggotanya.

Menurut Ketua Ikatan Alumni FK Untad Periode 2018-2022 yaitu dr. Syamsul Fahri .“ Pengurus Ikatan Alumni ini merupakan pengurus yang pertama, dan adapun kegiatan yang dilaksanakan ini sebenarnya hanya Pelantikan Pengurus saja, akan tetapi Alumni yang ada menganggap ini sebuah momentum dan sekaligus kegiatan awal bagi alumni, oleh karena itu kegiatan pelantikan dirangkaikan dengan Simposium Nasional dengan Tema Degenerative Cases in General Practice. Selain itu juga maksud dari pada terbentuknya Ikatan Alumni yaitu sebagai wadah silahrurahmi seluruh alumni FK Untad, dan juga untuk alumni FK Untad sendiri, dalam hal ini sebagai dokter tersebar hampir seluruh di puskesmas dan rumah sakit yang ada di Kota Palu khususnya. ” tutupnya.

       

Simposium Nasional “Degenerative Cases in General Practice” yang dilaksanakan membahas materi yang diantaranya yaitu :

  1. Update on Neurology Service, Education, and Research Development in Central Sulawesi, oleh dr. R. Andi Hartanto, Sp.BS (K)
  2. An Update on Management of Hypertension according to JNC VIII, oleh dr. Venice Chairiadi, Sp.Jp., FIHA.
  3. Advanced Life Support on Vascular Cases, oleh dr. Faridnan, Sp.An
  4. Surgical Management of Stroke, oleh dr. Endo Basuki, M.Kes., Sp.Bs (K)
  5. Update Management on Osteoarthritis, oleh dr. Muh. Ardi Munir, Sp.OT., FICS., M.Kes., MH.
  6. Assesment and Management of Urine Retention, oleh dr. Aristo, Sp.U
  7. Assesment and Management of Law Back Pain, oleh dr. Wiryawan Manusubroto, Sp.B, Sp.Bs (K)
  8. Assesment and Management of Trigeminal Neuralgia and Hemifacial, oleh dr. Moh. Sofyanto, Sp.BS (K) dan Tim Brain and Spine Surabaya.

Kegiatan yang dilaksanakan juga diikuti oleh Mahasiswa/I Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako, dan pelaksanaan kegiatan berlangsung sangat baik dan lancar hingga acara selesai.