Sejalan dengan tuntutan pembangunan dan otonomi daerah khususnya dalam bidang kesehatan yakni tersedianya Sumber Daya Manusia Kesehatan khususnya ketersediaan tenaga dokter, maka pengembangan kajian disiplin ilmu strategis di Universitas Tadulako mutlak diupayakan baik arah maupun tujuan pengembangan tersebut. Universitas Tadulako (UNTAD) menyadari urgensi dari segala masalah di atas dengan berupaya melakukan pembinaan dan pengembangan SDM yang berkualitas serta pembukaan beberapa program studi, jurusan dan fakultas baru. Dasar tersebut menjadi landasan Rektor Universitas Tadulako Prof. DR. Ir. Muh. Basir, S.E., M.S., untuk mengeluarkan sebuah kebijakan pendirian Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) sebagai upaya percepatan beberapa program studi bidang kesehatan yang ada di Universitas Tadulako.

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UniversitasTadulako (UNTAD) mulai beroperasi tepatnya pada hari kamis tanggal 26 Januari 2012 setelah diresmikan langsung oleh Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola, M.Si. Pada Tanggal 25 Januari 2012 berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor : 341/UN28/KL/2012. Tanggal 10 Januari 2012. Saat diresmikan FKIK terdiri atas dua program studi, yaitu Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) yang dibentuk berdasarkan Surat Dirjen Dikti Nomor : 2124/D/T/2008 Tanggal : 11 Juli 2008 perihal Ijin Penyelenggaraan Program Studi Profesi Dokter (S1) pada Universitas Tadulako, dan Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat (PSIKM) dibentuk berdasarkan SK Dirjen Dikti Nomor : 4686/D/T 2008 Tanggal 31 Desember 2008 silam setelah memperoleh ijin resmi dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia dan keduanya telah berhasil mengantongi akreditasi dari BAN-PT untuk PSPD berdasarkan SK BAN PT Nomor : 023/BAN-PT/Ak-XIV/S1/IX/2011 Tanggal 9 September 2011 dengan peringkat Akreditasi C berlaku sejak Tanggal 9 September 2011 – 9 September 2016 dan PSIKM terakreditasi berdasarkan SK BAN-PT Nomor : 014/BAN-PT/Ak-XIV/S1/VII/2011 Tanggal 21 Juli 2011 dengan peringkat Akreditasi C berlaku sejak Tanggal 21 Juli 2011 – 21 Juli 2016.

Sejak berdirinya FKIK terus berbenah diri meningkatkan kualitas sarana, prasarana dan juga peningkatan kualitas SDM baik dibidang pendidikan dan kependidikan. Pada Tahun 2017, tepatnya tanggal 22 Juni. Telah disahkan Organisasi Tata Kelola Universitas Tadulako sehingga Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan menjadi dua Fakultas yaitu Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kesehatan Masyarakat. Setelah upaya penguatan manjemen tata kelola organisasi selesai dilakukan, tantangan fakultas tak hanya berhenti disitu saja. Tugas pengurus Fakultas baru saat itu dalam menyiapkan lahan koasisten bagi lulusan sarjana kedokteran kedepannya tidaklah mudah seperti membalikkan telapak tangan. Peran Rumah Sakit daerah baik ditingkat provinsi maupun kota sangat dibutuhkan untuk menghasilkan alumni profesi dokter yang professional dan berkualitas. Namun dalam mencapai tujuan tersebut dibutuhkan komitmen bersama dalam menyatukan kepentingan antar stakeholders dalam sebuah visi dan misi yang sejalan. Sejak berdirinya Program Studi Pendidikan Dokter tahun 2008, hingga tahun 2018 ini telah menghasilkan 171 dokter yang tersebar di seluruh daerah baik sebagai ataupun dokter internship, dokter praktek di Rumah Sakit, dokter Pegawai Tidak Tetap (ptt).

Seiring berjalannya proses akademik dan pengembangan yang dilakukan, di awal tahun 2018 Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako yang menaungi Program Studi Sarjana Kedokteran dan Program Studi Profesi Dokter memperoleh Akreditasi B. Hasil tersebut di peroleh berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Perkumpulan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (Perkumpulan LAM-PTKes) dengan Nomor : 0781/LAM-PTKes/Akr/Pro/XII/2017 tentang Status, Nilai, dan Peringkat Akreditasi Program Studi Sarjana Kedokteran Universitas Tadulako, Palu. Serta Surat Keputusan Pengurus Perkumpulan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (Perkumpulan LAM-PTKes) dengan Nomor : 0782/LAM-PTKes/Akr/Pro/XII/2017 tentang Status, Nilai, dan Peringkat Akreditasi Program Studi Profesi Dokter Universitas Tadulako, Palu.