PETUNJUK BAGI PENULIS
Jurnal Medika Tadulako
Journal of Medica Tadulako

  1. Artikel yang ditulis untuk dimuat di Jurnal Medika Tadulako meliputi hasil penelitian, Review artikel dan laporan kasus di bidang kedokteran. Naskah diketik dengan huruf Times New Roman, ukuran 12 pts, dicetak pada kertas A4 sepanjang maksimum 20 halaman, diserahkan dalam bentuk print-out sebanyak 3 eksemplar beserta soft copy-nya. Tulisan dibuat dalam format Microsoft Word. Pengiriman berkas dapat juga dilakukan melalui email sebagai attachment file yang dikirimkan ke alamat: jik_bpk@yahoo.com
  2. Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik dan ditempatkan di bawah judul artikel. Institusi asal penulis serta alamat coresponding author dapat dicantumkan pada catatan kaki.
  3. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia dengan format esai, disertai judul pada masing-masing bagian artikel, kecuali bagian pendahuluan yang disajikan tanpa judul bagian. Judul artikel dicetak dengan huruf besar di tengah-tengah, dengan huruf sebesar 14 poin. Peringkat judul bagian dinyatakan dengan huruf yang berbeda (semua judul bagian dan sub-bagian dicetak tebal atau tebal miring), dan tidak menggunakan angka/nomor pada judul bagian.
  4. Ketentuan abstrak: maksimum 100-150 kata, diketik dengan times new roman, spasi 1, ukuran huruf 12, format abstrak: latar belakang, tujuan, metode, hasil, kesimpulan, kata kunci. Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa inggris.
  5. Sistematika artikel Tinjauan Pustaka (Jurnal Review) adalah: Judul; nama penulis (tanpa gelar akademik); abstrak; kata kunci; pendahuluan (tanpa judul) yang berisi latar belakang dan tujuan atau ruang lingkup tulisan; bahasan utama (dapat dibagi ke dalam beberapa sub-bagian); penutup atau kesimpulan; daftar rujukan (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk).
  6. Sistematika artikel hasil penelitian adalah: judul; nama penulis (tanpa gelar akademik); abstrak, kata kunci; pendahuluan (tanpa judul) yang berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka, dan tujuan penelitian; metode; hasil; pembahasan; kesimpulan; ucapan terima kasih dan daftar rujukan(hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk).
  7. Sistematika laporan kasus adalah judul, abstrak, laporan kasus, pembahasan, kesimpulan dan daftar rujukan.
  8. Sumber rujukan sedapat mungkin merupakan pustaka-pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan yang diutamakan adalah sumber-sumber primer berupa laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi) atau artikel-artikel penelitian dalam jurnal dan/atau majalah ilmiah.
  9. Perujukan dan pengutipan ditulis sesuai aturan Vancouver, diberi nomor urut sesuai dengan urutan pemunculan dalam keseluruhan teks, bukan menurut abjad. Cantumkanlah nama semua penulis bila tidak lebih dari 6 orang; bila lebih dari 6 orang penulis, tulis nama 6 penulis pertama diikuti et al. Jumlah rujukan sebaiknya dibatasi sampai 25 buah. Gunakan contoh yang sesuai dengan edisi ke 5 dari Uniform Requirements for Manuscript Submitted to Biomedical Journals yang disusun oleh International Commitee of Medical Journal Editors, 1977. Singkatan nama jurnal disesuaikan dengan Index Medicus. Hindarilah penggunaan abstrak sebagai rujukan.

Untuk materi yang sudah dikirim untuk publikasi namun belum diterbitkan harus dirujuk dengan menyebutkannya sebagai pengamatan yang belum dipublikasi (Unpublished observation) seizin sumber. Makalah yang telah diterima namun belum terbit, dapat dirujuk dengan mencantum kata “in press”.

Berikut adalah contoh cara menuliskan rujukan

Artikel /jurnal
Allen KJ, Soriano HE. Liver cell transplantation: the road to clinical application. J Lab Clin Med 2001;138:298-312.

Artikel yang lebih dari 6 penulis:

Block GD, Locker J, Bowen WC, Petersen BE, Katyal S, Strom SC, et al. Population expansion, clonal growth, and specific differentiation patterns in primary cultures of hepatocytes induced by HGF/SF, EGFand TGF alpha in a chemically defined (HGM) medium. J Cell Biol1996;132:1133-1149.

Volume dalam suplemen :

Iqbal K, Grundke-Iqbal I. Elevated levels of tau and ubiquitin in brain and cerebro-spinal fluid in Alzheimer’s disease. Int Psychogeriatr 1997;9(Suppl. 1):289- 96.

Buku
Penulis perseorangan :

Murray CJL, Lopez A. The global burden of disease. Cambridge:Harvard University Press, 1996.

Editor sebagai penulis :

Hilt W, Wolf DH, editors. Proteasomes: the world of regulatory proteolysis. George-town, Texas: Landes Bioscience;2000. p.1- 391.

Bab dalam buku :

Bulatao RA, Stevens PW. Estimates and projections of mortality by cause: a global overview, 1970-2015. In: Jamieson DT, Mosley WH, Eds. Evolving health sector priorities in developing countries. Washington: Population, Health and Nutrition Division, The World Bank, 1989.

Organisasi sebagai penulis

The World Bank. World Development Report 1993. Investing in health. New York: Oxford University Press, 1993.

Disertasi/ Tesis/ Skripsi
Kaplan SJ. Post-hospital home healt care: the elderly/access and utilization (disertasi). St. louis (MO): Washington Univ.; 1995

Artikel dari Internet
Morse SS. Factors in the emergence of infectious diseases. Emerg Infect Dis (serial online) 1995 Jan-Mar (dikutip 5 Juni 1995);1(1):[24 screen]. Available from: URL: HYPERLINK http: //www.cdc.gov/incidod/eid.htm

Tata cara pengutipan, rujukan, tabel, dan gambar mengikuti ketentuan dalam buku PEGANGAN: Gaya Penulisan, Penyuntingan dan Penerbitan Karya Ilmiah Indonesia karya Mien A. Rifai (2005) atau mencontoh tata cara yang digunakan dalam artikel yang telah dimuat. Penulisan istilah Bahasa Indonesia sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (Depdikbud, 1987). Artikel berbahasa Inggris menggunakan ragam baku.

Semua naskah ditelaah secara anonim oleh mitra bestari (reviewers) yang ditunjuk oleh penyunting menurut bidang kepakarannya. Penulis diberikan kesempatan untuk memperbaiki naskah atas dasar rekomendasi/saran dari mitra bestari atau penyunting. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan secara tertulis.

Pemeriksaan dan penyuntingan cetak-coba dikerjakan oleh penyunting dan/atau dengan melibatkan penulis. Artikel yang sudah dalam bentuk cetak-coba dapat dibatalkan pemuatannya oleh penyunting jika diketahui bermasalah.

Segala sesuatu menyangkut perijinan pengutipan atau penggunaan software komputer untuk pembuatan naskah atau ihwal lain yang terkait dengan HAKI yang dilakukan oleh penulis artikel, berikut konsekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penulis artikel tersebut.

Makalah dapat dikirimkan kepada :
Penyunting/Editor Jurnal Medika Tadulako
Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako
Palu 94118
Indonesia

Tim Redaksi