Peresmian Pusat Penelitian (Center for Research on Health, Wellness, and Suistainability) Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako kerjasama dengan Deakin University Australia

 

Center for Research on Health, Wellness, and Suistainability Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako, bekerja sama dengan Deakin University Australia telah di resmikan, Kamis (22/02/2018).

Pusat penelitian yang berada di gedung Dekanat Fakultas Kedokteran itu diresmikan langsung oleh Rektor Universitas Tadulako, Prof. Dr. Ir. Muh. Basir, SE., MS. Bersama dengan Perwakilan Deakin University Australia, Prof.Dr. Ismet Fanany dan Prof. Rebecca Fanany, PhD.

        

Peresmian dilangsungkan pukul 09.00 Wita, dan dihadiri oleh Unsur Pimpinan Universitas Tadulako, Kepala dan Sekretaris Lembaga yang berada di Universitas Tadulako, beberapa Dekan Fakultas dalam ruang lingkup Universitas Tadulako, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, beberapa Direktur Rumah Sakit dan Kepala Puskesmas Se-Kota Palu, serta undangan lainnya.

Rektor Untad, Prof. Basir mengatakan “salah satu langkah untuk menggenjot Publikasi International Untad khususnya dibidang Kesehatan secara umum yakni melalui Center for Research on Health, Wellness and Suistainability”. Center for Research ini bukan hanya penelitian dalam bidang klinis tetapi juga dalam bidang Sosial. Maksudnya, Center for Research ini akan menangani penelitian yang mengarah pada Health and Wellness. “Aspek-aspek sosialnya yang kadang-kadang disebutkan sehat tetapi tidak Wellness, lebih bagus Health and Wellness,” Sebutnya.

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Kedokteran Untad, dr. Muh. Ardi Munir, M.Kes., Sp.OT., FICS., MH. Menambahkan Center for Research on Health, Wellness and Suistainability Fakultas Kedokteran Untad merupakan inisiasi Rektor Universitas Tadulako dengan Deakin University Australia.

Fakultas Kedokteran yang saat ini memiliki Akreditasi peringkat B, menjalin kerjasama dengan Deakin University Australia untuk membentuk suatu pusat penelitian (Center for Research) yang mana melihat Kesehatan secara Komprehensif.

“Fakultas Kedokteran memiliki satu pusat penelitian sebagai harapan kedepan bahwa tri darma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dapat tercapai dan sesuai dengan Visi Fakultas Kedokteran Untad, serta dapat menjadi penilaian untuk Akreditasi Fakultas kedokteran kedepannya”. Katanya

         

Center for Research on Health, Wellness, and Suistainability akan dibawahi oleh Fakultas Kedokteran namun bersama dengan semua bidang dari berbagai Fakultas. “Berkaitan dengan sistem kerja pusat penelitian, nantinya akan dibentuk sistem bidang yang akan bertanggung jawab mempercepat publikasi”, jelasnya.

Peresmian pusat penelitian (Center for Research on Health, Wellness, and Suistainability) Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako, berjalan sangat baik, dan akan dirangkaikan dengan acara Seminar dan Workshop Internasional.